Latihan Persiapan “Kethoprak Tari” Menyambut Hari Kartini 2013

 

Hari Kartini - Balai Budaya Minomartani - sri wisnu

21 April adalah tanggal yang sangat dipuja dan di nanti-nanti oleh para wanita terutama di Negara Indonesia ini. Mengapa? Karena tanggal 21 April merupakan lahirnya R.A.Kartini. Beliau adalah seorang bangsawan dari Pulau Jawa yang telah berhasil memperjuangkan status wanita untuk bisa sederajat dengan kaum pria, terutama di bidang pendidikan. Setelah pemerintah menetapkan tanggal 21 April sebagai hari libur nasional “Hari Kartini”, maka banyak sekali sekolah-sekolah, maupun instansi pemerintah yang mewajibkanpara siswa dan anggotanya  untuk mengenakan pakaian daerah pada hari itu.

Tidak ketinggalan pula dengan Balai Budaya Minomartani. Segenap warga sekitar dan para monitor Rakom BBM FM 107,9 MHz sepakat untuk merayakan Hari Kartini 2013 dengan mengadakan pementasan Kethoprak Tari.

Hari Kartini - Balai Budaya MInomartani - sri wisnu

Wawancara dengan Sukisno sebagai pelatih Kethoprak dan Karawitan mengatakan bahwa tiap tahun di Balai Budaya Minomartani (BBM) selalu mengadakan perayaan Hari Kartini dengan menggunakan media seni dan budaya. Untuk perayaan Hari Kartini tanggal 27 April 2013 ini, Rakom BBM Fm bekerja sama dengan warga dan Unit Kesenian Jawa Gaya Surakarta Universitas Gadjah Mada mengadakan “Kethoprak Tari” dengan mengambil kisah kepahlawanan Srikandi dalam berperang dalam perang Bharatayuda. Pementasan kali ini menggabungkan antara teater, tari, gamelan dan wayang kulit dalam satu pertunjukan.

Alkisah telah banyak Senopati Pandawa yang gugur di tangan Bhisma (Kurawa). Akhirnya Prabu Kresna memerintahkan Srikandi (seorang wanita) untuk menjadi senopati perang dan menghadapi Bhisma. Dengan segala daya upaya, semangat, dan kegigihannya akhirnya Srikandi berhasil mengalahkan Bhisma.

Hari Kartini - Balai Budaya Minomartani - sri wisnu

Para pemain kethoprak terdiri dari para monitor radio BBM Fm, warga sekitar, dan mahasiswa dari UKJGS UGM. Kethoprak disajikan menggunakan iringan karawitan gamelan jawa yang dipercayakan kepada para mahasiswa UGM yang tergabung dalam Unit Kesenian Mahasiswa UKJGS UGM.

Jadi jangan lewatkan pentas seni Kethoprak Tari dalam rangka merayakan Hari Kartini di Balai Budaya Minomartani  hari Sabtu 27 April 2013, mulai pukul 19.30 sampai selesai.

(penulis: Anggara SW)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.