Orkestra Jawa di Tengah Kota

 

gamelan bbm - sri wisnu

Siapa bilang karawitan surut peminatnya? Di Balai Budaya Minomartani, suara orang bermain karawitan seolah tak pernah surut malah semakin nyaring.

Banyak orang tertarik memainkan karawitan tetapi tak tahu tempat belajarnya. Ada juga yang bingung mencari pelatih. Biasanya untuk berlatih karawitan mereka kudu pergi ke pinggir kota atau daerah keraton. Itupun biayanya tak sedikit. Karena itu banyak yang kemudian malas belajar.

Sebenarnya tak perlu bingung. Di Desa Minomartani, sekitar 5 menit dari pusat kota terdapat Balai Budaya Minomartani yang menyewakan seperangkat alat gamelan lengkap untuk latihan. Tinggal bilang saja ke radio komunitas Balai Budaya Minomartani yang terletak tepat di depan balai budaya. Harga sewa pun seikhlasnya. Sekadar untuk mengisi kas. Jika yang ingin berlatih adalah kelompok anak-anak maka biayanya gratis. Jika belum punya pelatih, Radio Komunitas BBM memiliki rekan pelatih gamelan yang cukup mumpuni. Biaya dan jadwal kursus langsung dikoordinasikan dengan si pelatih.

Tak usah minder dan takut dianggap kuno jika berlatih karawitan. Para pegiat karawitan di Balai Budaya Minomartani (BBM) tidak hanya simbah-simbah yang sudah sepuh. Dari anak-anak, bapak-bapak veteran, sampai ibu-ibu RT aktif berlatih gamelan di BBM. Lihat saja jadwal latihan karawitan di radio komunitas BBM. 7 hari semingggu, dari siang sampai sore, hampir tak ada hari tanpa latihan karawitan. Malah jika hendak pentas, latihan ditambah sampai malam.

Para pegiat karawitan di BBM kerap diundang untuk mengisi acara di kampus atau festival kesenian. Seperti kelompok karawitan karyawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Kelompok karawitan yang berlatih tiap minggu siang ini sering menjadi langganan untuk mengisi acara kampus yang membutuhkan pemain karawitan. Malah, pernah salam satu hari ditanggap dua kali di tempat berbeda.

Selain itu, BBM kerap mengadakan acara budaya tahunan seperti Malam 1 Suro, Perayaan HUT RI, sampai Syawalan. Biasanya dalam even-even tersebut, kelompok karawitan yang biasa berlatih di BBM diminta mengisi acara. Para simbah dan bapak ibu RT pun unjuk gigi memainkan karawitan di depan cucu dan anaknya.

Jika berminat belajar, menyewa alat, atau mencari pelatih karawitan bisa datang ke radio komunitas Balai Budaya Minomartani (BBM) yang terletak di Perumahan Minomartani, Desa Minomartani, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Jika ingin sekadar berkunjung atau melihat-lihat juga boleh. Selain karawitan, di BBM juga ada kursus tari, batik, wayang jerami, wayang kancil sampai dalang cilik. Untuk anak-anak semua gratis.[ ]

Sumber:

http://www.pasarkomunitas.com/index.php/menulis-produk-jasa/23-analisa-usaha-budidaya-ikan-gurami?lang=id&rid=30&id=54

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.