Perayaan Ulang Tahun Sanggar Tari Balai Budaya Minomartani

 

sanggar tari bbm - sri wisnu

Sore hari dengan cuaca cerah dan angin yang sepoi-sepoi membuat suasana sore itu sangat asyik untuk bersepeda. Penulis memutuskan untuk bersepeda di sekitar komplek perumahan Minomartani. Di tengah jalan tiba-tiba bertemu dengan ketua pemuda Tegalrejo Minomartani, Emon. Kemudian Emon mengajak penulis untuk bersama-sama pergi ke Balai Budaya Minomartani karena ada program acara sore itu.

Sesampai di Balai Budaya Minomartani, tampak banyak anak-anak duduk di Joglo BBM, dan yang lebih menarik adalah anak-anak itu mengenakan pakaian yang sama, warna merah. Tampak di kursi batu depan Joglo, beberapa ibu-ibu sedang memperhatikan anak-anak mereka.

sanggar tari bbm - sri wisnu

Tepat pukul 15.30, Mas Kuncoro dan Emon membuka acara. Ternyata sore itu merupakan program acara memperingati Ulang Tahun Sanggar Tari Balai Budaya Minomartani yang kedua. Setelah sambutan dari ketua sanggar, bu Ines, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, pembagian snack, dan pembagian doorprise.

Wawancara secara langsung penulis dengan salah satu pelatih tari, Bu Tutik (bbm), mengatakan bahwa dulu ada Yayasan Seni Metropoli dari Bali yang rutin memberikan dana demi kelangsungan kegiatan pembelajaran tari anak di Balai Budaya Minomartani. Tetapi setelah akhir tahun 2008, Yayasan Seni Metropoli menghentikan dana tersebut. Berangkat dari hal itu, kemudian ibu-ibu dari anak-anak yang belajar tari di BBM mengadakan pertemuan, dan hasilnya adalah ibu-ibu mau berswadaya (iuran) bersama agar supaya kegiatan tari anak di BBM tetap berjalan. Akhirnya disetujui bersama oleh ibu-ibu murid untuk mendirikan Sanggar Tari Balai Budaya Minomartani pada tanggal 27 Januari 2009. Harapan ibu-ibu semua agar anak-anak mereka tetap bisa belajar menari di Balai Budaya Minomartani daripada anak-anak mereka hanya bermain-main saja di waktu senggang mereka.

100_3094  sanggar tari bbm - sri wisnu

sanggar tari bbm - sri wisnu  sanggar tari bbm - sri wisnu

Hingga tahun 2013 Sanggar Tari Balai Budaya Minomartani tercatat memiliki anggota 75 orang, terdiri dari anak-anak TK, SD, SMP, dan SMA. Latihan seminggu dua kali, hari Senin dan Jumat jam 16.00 – selesai. Materi tari yang diberikan adalah materi tari kreasi dan tari klasik. Sanggar Tari BBM memiliki tiga orang pelatih, yaitu Bu Tutik (pakem), Lina, dan Bu Tutik (bbm).

Bagi adik-adik semua yang ingin belajar menari, bisa langsung datang ke Balai Budaya Minomartani pada hari dan jam latihan. Sanggar Tari Balai Budaya Minomartani terbuka untuk umum, jadi siapapun bisa bergabung disini.

 

(penulis: Anggara SW)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.