Jalan Sehat Bersama di Balai Budaya Minomartani

 

Jalan Sehat BBM - sri wisnu

Pagi yang lumayan dingin karena masih di musim penghujan dikejutkan dengan suara gamelan di tabuh, tapi yang terdengar hanya beberapa jenis suara saja, bukan suara gamelan komplit. Suara-suara itu demikian menggelitik, sehingga penulis segera bergegas menuju ke arah asal suara itu.

Tampak beberapa warga terlihat berjalan bersama, kemudian penulis mengikuti nya. Ternyata mereka berjalan menuju Balai Budaya Minomartani. Dan disana sudah banyak warga yang berkumpul. Ada yang mengenakan pakaian olahraga, pakaian santai, dan ada juga yang mengenakan kostum tradisional.

Jalan Sehat BBM - sri wisnu  IMG_0789

Kemudian penulis bertanya kepada salah satu warga mengenai acara hari itu. Ternyata warga bekerja sama dengan Balai Budaya Minomartani dan Rakom BBM Fm 107,9 Mhz mengadakan Jalan Sehat Bersama 16 Desember 2012. Jalan sehat melibatkan warga dari Pedukuhan VI Minomartani yang meliputi 7 RT dan warga BBM sendiri.

Wawancara dengan salah satu warga yang juga ketua pemuda setempat, Emon, mengatakan bahwa Program Jalan Sehat di Balai Budaya Minomartani selalu berbeda dari yang lain karena selalu menggunakan kostum tradisional dan sambil membawa beberapa gamelan yang ditabuh sepanjang jalan. Itulah yang membuat warga selalu antusias dalam mengikuti Jalan Sehat Bersama di Balai Budaya Minomartani.

Jalan Sehat BBM - sri wisnu  Jalan Sehat BBM - sri wisnu

Tepat pukul 06.00 WIB Jalan Sehat dimulai. Dengan berbagai macam alat gamelan yang ditabuh membuat suasana semakin semarak. Tampak beberapa warga keluar rumah untuk melihat iring-iringan tersebut. Warga yang melihat tampak senang melihat iring-iringan jalan sehat yang melewati depan rumah mereka, sambil menyanyi, memukul gamelan, dan menari, sungguh membius warga masyarakat yang melihat.  Rute Jalan Sehat  meliputi Tegalrejo, Perum Minomartani, Mlandangan, Pondok, Bawuk, Karangjati dan finish di Balai Budaya Minomartani.

Setelah tiba kembali di Balai Budaya Minomartani, para peserta Jalan Sehat disuguhi dengan minuman hangat dan jajanan pasar. Kemudian Bp.Kades Minomartani Joko Ibnu M Bachroen memberikan sambutan di depan warga, yang kemudian dilanjutkan dengan acara spontanitas warga. Beberapa ibu-ibu kemudian memainkan gamelan Jawa yang kemudian diikuti oleh kelompok-kelompok yang lain. Tak kalah seru nya ketika acara pembagian doorprise dilaksanakan dengan dipandu oleh Emon, Sukir, dan Radjiman dengan lawakan-lawakannya yang selalu segar dan mengocok perut.

Jalan Sehat BBM - sri wisnu  Jalan Sehat BBM - sri wisnu

Tampak kegembiraan di wajah-wajah mereka, tak terasa banyak perbedaan diantara mereka, tapi hari itu semua perbedaan itu hilang dan lebur jadi satu, yang ada adalah suasana kekeluargaan. Semoga suasana itu selalu tetap terjaga di masyarakat kita selamanya. Amin.

(penulis: Anggara Sri Wisnu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.