Wayang Kancil Buat si Kecil

Eddy Kancil

Wayang Kancil Buat si Kecil

Apa jadinya kalau kancil jadi tokoh wayang?

Yang pasti mengundang tawa dan menarik. Di Balai Budaya Minomartani (BBM) terdapat workshop wayang kancil nan unik. Wayang kancil berbeda dengan wayang pada umumnya. Wayang kancil memainkan cerita fabel atau dongeng dunia binatang. Tokoh utamanya tentu saja para binatang seperti si kancil.

Wayang kancil dicetuskan oleh mbah Lejar, salah seorang dalang ternama di Yogyakarta. Mbah Lejar merancang wayang kancil untuk mengenalkan kembali dunia wayang pada anak-anak. Dengan meminjam kisah binatang, cerita wayang kancil lebih ringan dan mudah dicerna oleh anak-anak. Namun, di balik kisah dongeng tiga dimensi tersebut diselipkan nilai-nilai kebajikan dan pendidikan.

wayang kancil - sri wisnu

Anak-anak tak hanya menjadi penonton tetapi bisa juga menjadi dalang.Ukuran wayang kancil lebih kecil dari ukuran wayang kulit. Pas untuk tangan si kecil. Pun tak usah pakai kelir atau layar untuk memainkannya. Anak-anak bisa langsung menontonnya dari depan atau belakang. Karena bentuk dan ceritanya lucu, wayang kancil acapkali mengundang tawa.

Di Balai Budaya Minomartani terdapat satu set wayang kancil lengkap. Wayang ini merupakan pemberian dari Mbah Lejar, sang pencetus wayang kancil. Tak banyak orang atau kelompok yang memiliki satu set wayang kancil lengkap. Setiap sabtu sore radio komunitas BBM mengadakan workshop dalang wayang kancil untuk anak-anak. Biayanya gratis.

wayang kancil - sri wisnu

Pada medio 1994, wayang kancil dari radio komunitas BBM pernah diundang tampil di Australia.Selain itu, wayang kancil juga aktif mengisi festival kebudayaan di Jogja. Seperti saat Festival Kebudayaan Yogyakarta setahun silam atau tampil dalam ekshibisi seni di Taman Budaya Yogyakarta.

Jika berminat mempelajari wayang kancil bisa datang ke radio komunitas Balai Budaya Minomartani (BBM) yang terletak di Perumahan Minomartani, Depok, Sleman. Jika ingin sekadar berkunjung atau juga boleh. Selain wayang damen, di BBM juga ada kursus karawitan, tari, batik sampai wayang jerami. Untuk anak-anak semua biaya gratis.

sumber: http://www.trulyjogja.com/index.phpaction=news.detail&cat_id=7&news_id=947

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.