Parade Drama Bahasa Jawa dalam rangka menyambut 1 Muharram 1432 H (Bulan Suro)

 

drama bbm - sri wisnu

Dalam penanggalan Jawa sering kita dengar istilah Tahun Baru Jawa atau yang lebih dikenal dengan nama Bulan Suro. Masyarakat Islam menyebut Bulan Suro dengan Bulan Muharram. Sebagai pergantian tahun, Bulan Suro sangat disakralkan oleh masyarakat Jawa. Banyak sekali jenis ritual yang dilakukan masyarakat Jawa dalam memasuki Bulan Suro. Masyarakat Yogyakarta yang tinggal di lingkungan Kraton Yogyakarta selalu melakukan Tapa Bisu (tidak bicara) sambil berjalan kaki memutari Beteng Kraton .

Dalam menyambut Bulan Suro 2012, Balai Budaya Minomartani mengadakan acara Parade Drama Bahasa Jawa. Acara dilaksanakan pada tanggal 15 November 2012. Dalam acara kali ini dipersembahkan tiga drama yaitu drama dari anak-anak, drama dari Unit Kesenian Jawa Gaya Surakarta, dan drama dari para monitor Radio Komunitas BBM Fm 107,9 Mhz.

Drama anak mengisahkan tentang kehidupan anak-anak Balai Budaya Minomartani dalam kehidupan sehari-hari. Belajar, bermain, dan bernyanyi bersama. Para pemain merupakan anak-anak warga Balai Budaya Minomartani yang tinggal disana.

Drama bbm- sri wisnu  Dramabbm - sri wisnu

Drama kedua merupakan persembahan dari mahasiswa UGM yang mengambil kisah “Andhe-andhe Lumut”. Para pemain merupakan mahasiswa aktif dari Universitas Gadjah Mada yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Unit Kesenian Jawa Gaya Surakarta (UKJGS). Mengisahkan tentang Pangeran Panji Inukertapati yang telah pergi meninggalkan kerajaan dan kemudian dicari oleh istrinya, Dewi Sekartaji.

Drama bbm - sri wisnu  Drama bbm - sri wisnu

Drama ketiga persembahan dari para monitor Rakom BBM Fm. Mengambil kisah “Mbludhag Ora Wutah”. Mengisahkan tentang keluarga kaya yang selalu semena-mena dengan para tetangganya. Dengan diperkuat pemain watak seperti Sukir, Radjiman, dan Kenik, drama tersebut bisa terlihat sangat hidup. Tak henti-hentinya para penonton tertawa melihat dan mendengarkan duet dagelan Sukir dan Radjiman.

Drama bbm - sri wisnu  Drama bbm - sri wisnu

Drama bbm - sri wisnu  Drama bbm - sri wisnu

Ketiga drama diiringi secara langsung dengan karawitan gamelan yang diserahkan sepenuhnya kepada anggota UKJGS UGM. Dengan iringan gamelan Pelog, drama diiringi dengan komposisi Lancaran, Ladrang, dan Srepeg. Ketertiban dan kekompakan para pemain gamelan dalam mengiringi drama sangat membantu sekali dalam mengangkat suasana dari adegan satu ke adegan yang lain.

drama bbm - sri wisnu   drama bbm - sri wisnu

Sukisno selaku penggagas dan penanggung jawab acara mengatakan bahwa semoga dengan adanya acara pentas bersama ini bisa lebih merekatkan lagi persaudaraan warga sekitar Balai Budaya Minomartani, para Monitor Rakom BBM Fm, dan semua pihak yang telah ikut mensukseskan acara dalam menyambut Bulan Suro 2012.

 

(penulis: Anggara Sri Wisnu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.