“Children’s Ethnic Days” 21 – 22 September 2012 Ambarukmo Plasa

BBM - sri wisnu

Tampak seorang ibu sedang menggelar tikar di Joglo Balai Budaya Minomartani dan beberapa ibu dan remaja putri lainnya sedang mempersiapkan makanan dan make up. Sementara itu ada beberapa anak yang sedang duduk-duduk sambil menunggu sesuatu, dan beberapa  orang tua datang mengantarkan anaknya ke Joglo. Kemudian penulis memberanikan diri bertanya kepada salah satu ibu mengenai kegiatan yang sedang mereka lakukan. Ternyata hari itu tanggal 21 dan 22 Sepetember 2012, Balai Budaya Minomartani dan Ambarukmo Plasa mengadakan kerja sama untuk membuat acara pentas seni untuk anak dengan tema “Children’s Ethnic Days 2012” di hall A Ambarukmo Plasa.

BBM 1  BBM 2

Wawancara secara langsung dengan penanggung jawab acara Sri Kuncoro mengatakan bahwa acara tersebut selain merupakan momen penting bagi anak-anak yang belajar berkesenian di Balai Budaya Minomartani untuk bisa unjuk gigi di masyarakat luas, acara ini bertujuan juga untuk menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa pendidikan seni dan budaya bangsa kita seyogyanya diajarkan kepada anak-anak sejak dini, sehingga ketika dewasa kelak, anak-anak itu tidak akan lupa terhadap akar budayanya.

BBM 9  BBM 10

Dalam acara tersebut disajikan beberapa tarian anak yaitu Tari Abyor, Tari Incling Jangget, Tari Gembira. Untuk tari remaja menampilkan Tari Klasik Gaya Yogyakarta, Tari Golek Ayun-ayun. Untuk tari dewasa menampilkan tari klasik Gaya Surakarta, Tari Bambangan Cakil. Dan yang tidak kalah menarik adalah adanya dua dalang wanita kembar, Wida dan Wati, yang menampilkan pertunjukan Wayang Kulit Purwa. Tidak ketinggalan suguhan Wayang  Kancil dengan dua orang dalang, Alip dan Wisnu.

Golek ayun 2 - sri wisnu   Tari Bambangan Cakil - sri wisnu

Selama acara berlangsung, Balai Budaya Minomartani bekerja sama dengan mahasiswa Program Diploma Sekolah Vokasi UGM jurusan Inggris sebagai pengisi MC. Suasana pementasan begitu meriah, dengan acara yang cukup beraneka ragam mulai dari acara Tari, Wayang Kulit Purwa, dan Wayang Kancil. Tampak beberapa pengunjung Mall Amplas berhenti dan menonton jalannya pertunjukan sambil sesekali bertepuk tangan tanda penghargaan terhadap pementasan.

Vokasi UGM - sri wisnu

Di harapkan ke depannya akan ada banyak instansi pemerintah maupun swasta untuk menggandeng masyarakat dalam dalam bekerja sama mengembangkan dan melestarikan budaya bangsa yang luhur, seperti kerja sama antara Balai Budaya Minomartani dengan Ambarukmo Plasa.

Wayang Kulit Purwa - sri wisnu  Wayang Kulit Purwa - sri wisnu

( Wayang Kulit Purwa oleh Wida dan Wati )

Wayang Kancil  - sri wisnu  Wayang Kancil - sri wisnu

( Wayang Kancil oleh Wisnu dan Alip )

( penulis: Anggara Sri Wisnu )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.