Pergelaran Wayang Orang Kartini

Wayang Wong1

21 April adalah tanggal yang sangat dipuja oleh para wanita terutama di Negara Indonesia ini. Mengapa? Karena tanggal 21 April merupakan lahirnya R.A.Kartini. Beliau adalah seorang bangsawan dari Pulau Jawa yang telah berhasil memperjuangkan status wanita untuk bisa sederajat dengan kaum pria, terutama di bidang pendidikan. Setelah pemerintah menetapkan tanggal 21 April sebagai hari libur nasional “Hari Kartini”, maka banyak sekali sekolah-sekolah, maupun instansi pemerintah yang mewajibkan para siswa dan anggotanya untuk mengenakan pakaian daerah.

Wayang Orang BBM - sri wisnu    Wayang Orang BBM - sri wisnu

Tidak ketinggalan pula dengan Balai Budaya Minomartani. Segenap warga sekitar dan para monitor Rakom BBM FM 107,9 MHz sepakat untuk merayakan Hari Kartini dengan mengadakan pementasan Wayang Orang Kartini. Yaitu wayang orang yang diikuti hanya oleh para wanita saja, paling tidak 90% adalah wanita. Wawancara langsung penulis dengan penanggung jawab acara, Drs.Sukisno, M.Sn mengatakan bahwa notabene para pemain wayang orang bukanlah penari yang sesungguhnya. Jadi mereka semua adalah ibu-ibu warga dan ibu-ibu monitor Rakom BBM Fm yang memiliki semangat dan dedikasi tinggi untuk menemarakkan eringatan Hari Kartini. Latihan dilakukan hanya dalam waktu dua bulan, baik dari latihan antawacana (dialog), latihan gerak tari, dan juga karawitan.

Wayang Orang BBM - sri wisnu 2Lakon cerita diambil dari lakon carangan Mahabharata berjudul “Wahyu Sri Cemani”.  Menceritakan hilangnya Arjuna yang ternyata dia berada di Kahyangan Dewa Kamajaya untuk mendapatkan Wahyu Sri Cemani. Di sisi yang lain mengetahui Arjuna hilang entah kemana, akhirnya Burisrawa memberanikan diri untuk mempersunting Dewi Subadra. Hanya saja Dewi Subadra memberikan syarat adanya seekor burung yang hitam legam warnanya.

Dengan di didukung oleh karawitan dari Wayang Orang BBM - sri wisnuUnit Kesenian Jawa Gaya Surakarta UGM (UKJGS), hasil yang sungguh luar biasa bisa ditunjukkan kepada masyarakat bahwa ibu-ibu yang biasanya hanya bekerja di dapur dan mengurus anak, ternyata bisa bermain Wayang Orang dengan bagus. Semangat seperti ini lah yang patut dibanggakan dan dilestarikan untuk kartini-kartini muda yang lain.

Wayang Orang Balai Budaya Minomartani - sri wisnu

( Penulis: Anggara Sri Wisnu )

One thought on “Pergelaran Wayang Orang Kartini”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.