Gebyar Gamelan Orchestra Tahun Baru 2011 – 2012

Balai Budaya Minomartani - sri wisnu 3

Pergantian tahun 2011 menuju tahun 2012 sangat semarak sekali. Jalan-jalan dipenuhi dengan lampion, suara terompet dimana-mana, dan yang tidak kalah adalah suara kembang api yang membahana di langit kota Yogyakarta. Tontonan dan hiburan ada dimana-mana baik diadakan oleh masyarakat maupun diadakan oleh pemerintah daerah untuk menyemarakkan pergantian tahun.

Balai Budaya Minomartani - sri wisnu 1Dalam pergantian tahun 2011 – 2012 Balai Budaya Minomartani dan Rakom BBM FM 107,9 Mhz mengadakan acara pentas seni berjudul Gebyar Gamelan Orkestra. Penulis sempat mengadakan wawancara secara langsung dengan penanggung jawab acara, Drs.Sukisno, M.Sn, berangkat dari keprihatinan bahwa di era globalisasi ini, kesenian gamelan sudah mulai ditinggalkan, terlebih lagi oleh para pemuda bangsa, dan adanya stereotip bahwa gamelan adalah alat atau instrument kuno, jadi kalau mau maju ya jangan belajar hal-hal yang kuno. Itulah mindset yang ada di masyarakat saat ini, oleh karena itu Balai Budaya Minomartani berusaha untuk mengembangkan dan melestarikan salah satu kesenian bangsa yang salah satunya berwujud gamelan, dengan mengadakan acara Gebyar Gamelan Orkestra dalam menyambut Tahun Baru.

Dalam acara tersebut tercatat lebih dari sepuluh Balai Budaya Minomartani - sri wisnu 2kelompok karawitan dari tingkat anak-anak, dewasa, mahasiswa, dan instansi. Dari materi karawitan yang bernuansa klasik hingga yang bernuansa kontemporer disuguhkan dengan sangat indah dan apik.
Acara tersebut bersifat umum dan tidak dipungut bayaran. Acara dapat terselenggara berkat kerjasama antara Balai Budaya Minomartani dengan Rakom BBM Fm 107,9 Mhz, monitor radio, pemerintah setempat, para donatur, dan masyarakat Balai Budaya Minomartani.

Balai Budaya Minomartani - sri wisnuSemoga perjuangan Balai Budaya Minomartani sebagai wadah seni dan budaya dalam melestarikan salah satu budaya “gamelan” ini bisa tetap terus terlaksana hingga akhir jaman dan menciptakan generasi-generasi baru pecinta seni dan budaya bangsa luhur.

( Penulis: Anggara Sri Wisnu )

One thought on “Gebyar Gamelan Orchestra Tahun Baru 2011 – 2012”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.